Kamis, 20 November 2008

M. Octavega (060721)

1. Bandingkan kelebihan dan kekurangan negara dengan wilayah yang sangat luas dengan negara yang wilayahnya kecil saja, jelaskan dengan beberapa contoh!

Negara yang luas memiliki banyak potensi sumber daya lama yang melimpah. Selain itu juga memiliki daerah yang luas untuk melakukan pengembangan dari berbagai sektor, baik industri, maupun agraris. Tapi dibalik semua itu, sebuah negara yang luas memiliki beberapa kendala. Mulai dari tidak meratanya sumber daya alam yang mengakibatkan tidak meratanya pembangunan. Selain itu juga kosentrasi pemerintah tarhadap seluruh daerah kekuasaan tidak sama, sehingga akan timbul gerakan-gerakan pemberontakan bahkan hingga tindakan separatis (ingin memisahkan diri) dari sebugah negara kesatuan.

Negara yang sempit memiliki kelebihan yang bertolak belakang dengan lagara luas. Mulai dari mudahnya pemerataan pembangunan hingga terpantaunya seluruh bagian negara, hingga seluruh daerah dapat perhatian yang sama dari pemerintah. Hal ini akan memperkecil timbulnya gerakan-gerakan separatis dari daerah-daerah negara tersebut. Sementara kekurangan dari negara sempit ialah sedikitnya lahan untuk pembangunan, terbatasnya sumber daya alam, hingga derjadinya over population (kelebihan penduduk)

Contoh : Indonesia dengan Singapura

Indonesia memiliki dearah yang luas, kekayaan alam yang melimpah. Tapi sering terjadi gerakan-gerakan separatis dari penduduk yang berada jauh dari pusat ibu kota. Dan pemerataan pembangunan yang belum berjalan dengan baik.

Singapura. Sebuah negara kecil yang bahkan bila dibandingkan dengan negara indonesia yangat berbeda jauh. Tapi negara ini kokoh karena pemerintahan mereka lebih mudah mengontrol seluruh daerah negara. Negara ini mampu berkembang pesat walaupun sumber daya alamnya terbatas.

2. Bagaimana pendapat Ratzel tentang Negara !

Negara adalah organic state yang mengalami perkembangan dan pertumbuhan yang bergantung pada factor-faktor geografis, maka dari itu ia membutuhkan ruang hidup dan ia harus berjuang mendapatkan dan memperluas ruang hidup untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya.

5. Batas negara merupakan salah satu sistem negara yang dapat menjadi sumber konflik dengan negara tetangga, oleh sebab itu menurut anda bagaimana sebaiknya batas negara ditentukan? Uraikan teori yang ada!

Sebaiknya Batas Negara ditentukan oleh faktor fisik yang terdapat pada wilayah yang berbatasan antara kedua Negara, karena faktor fisik tersebut lebih mudah dilihat dan akan lebih mudah menentukan batas-batas Negara.berbeda dengan factor social, jika faktor-faktor social yang dipakai (bahasa, etnis, dan lain-lain) maka akan sulit untuk menentukan batas Negara. Untuk Negara yang berbentuk kepulauan seperti Indonesia. Menurut saya batas Negara yang dimiliki oleh Negara Indonesia dengan zona ekonomi ekslusifnya sudah sesuai dengan apa yang seharusnya. Tapi mengapa sering terjadi konflik di perbatasan Indonesia? Hal ini disebabkan tidak adanya perhatian yang cukup dari pemerintah Indonesia terhadap penduduk yang tinggal di daerah perbatasan, sementara pengaruh dari Negara lain sangat besar, sehingga penduduknya pun akan cenderung lebih simpati terhadap Negara tetangga yang memberikan pengaruh yang lebih besar.

6. Jelaskan pendekatan Geografi Politik dalam membahas objek studinya! Berikan contoh dari masing-masing pendekatannya!

Objek studi Geografi Politik tidak terlepas dari negara yang didalamnya mempelajari relasi antara kehidupan dan aktifitas politik dengan kondisi-kondisi alam suatu Negara.

· pendekatan historis > mengkaji Negara berdasarkan asal mula dan perkembangan suatu Negara.

· Pendekatan faktual > mempelajari kenyataan-kenyataan kehidupan politik suatu Negara dengan berbagai unsur geografisnya. Contoh : mengkaji bagaimana Negara hidup dengan kondidi alam yang ada.

· Pendekatan fungsional > bagaiman suatu Negara membina dirinya sendiri kedalam. Contoh : mengkaji bagaimana pengaruh faktor fisik dan manusia terhadap kehidupan politik negara tersebut.

· Pendekatan relationship > lebih menekankan faktor-faktor lingkungan (alam) dengan aspek-aspek politik. Contoh : mangkaji bagaimana kemakmuran suatu negara berkaitan dengan kekayaan sumber daya alamnya

7. Mengapa AS dianggap negara super power?

AS dianggap sebagai Negara Adikuasa/super power karena Negara tersebut punya banyak kekuasaan. Dimulai dari armada perang yang canggih, hingga politik-politik ekonomi yang kuat. Sehingga Negara ini mampu memberikan pengaruh yang besar terhadap negara lain. Beberapa factor kelebihan yang dimiliki AS antara lain kemampuan industri, militer, kualitas diplomasi dan kualitas pemerintahan yang sangat baik, sehingga Negara ini mampu berdiri kokoh dan mampu memberikan pengaruh yang besar bagi Negara lain dalam berbagai segi.

1 komentar:

Amisha mengatakan...

Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut