Kamis, 20 November 2008

UTS Geografi Politik Gilang Margana R (0607525)

Nama : Gilang Margana R

NIM : 0607525

2. Bagaimana pendapat Ratzel tentang Negara ?

Negara merupakan Organic states yang mengalami perkembangan dan pertumbuhan seperti halnya makhluk hidup yang tergantung dari faktor-faktor geografis, karena setiap makhluk hidup ia membutuhkan ruang hidup dan untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya itu ia harus berjuang untuk mendapatkan dan memperluas ruang hidupnya. Negara dalam pandangan politik Ratzel harus jelas batas-batas wilayahnya, karena dengan menentukan batas Negara dapat ditentukan luas Negara dan juga kekuatan Negara yang bersangkutan.

3. Mengapa aliran darwinisme dianggap berbahaya bagi kehidupan manusia dan Negara?

aliran darwinisme dianggap berbahaya bagi kehidupan manusia dan Negara karena Darwin adalah penganut paham determinisme yang menganggap bahwa faktor fisik lingkungan sangat berpengaruh terhadap aktivitas kehidupan politik dan agama, jika dasar pemikiran Ratzel yang diadopsi oleh Darwin ini dimanipulasi seperti yang dilakukan oleh Haushofer yang memberikan policy advice kepada Adolf Hittler, nasehat kepada Hittler ini seolah-olah merupakan justifikasi atas nafsu serakahnya untuk melakukan penjajahan terhadap Negara lain. Bahkan karena menganggap bahwa ras aria atau ras bangsa jerman merupakan yang terbaik maka Hittler melakukan berbagai perbuatan yang keji dan biadab seperti pembantaian kepada etnik/ras lain dan menganggap bahwa ras lain selain bangsa jerman adalah bangsa yang kastanya lebih rendah. Selain Adolf Hittler hal senada juga dilakukan oleh pemimpin fasisme di Italia yaitu Benito Musolini yang tidak kalah kejamnya dengan Hittler.

4. Negara merupakan satu kesatuan politik yang memperlihatkan karakteristik tersendiri sehingga dapat dibedakan antara Negara satu dengan Negara lainnya. Coba jelaskan hal-hal apa sajakah yang termasuk karakteristik Negara!

Karakteristik Negara :

a. Wilayah politik yang terorganisir

suatu wilayah akan bisa dikatakan Negara jika wilayah tersebut mempunyai kehidupan politik yang terorganisir dengan mempunyai kepala pemerintahan, sistem pemerintahan, dan penduduk yang mengakui wilayah itu sebagai negaranya atau berdaulat secara de facto

b. Dinamis

Suatu Negara akan terus berkembang dan berubah sesuai dengan perkembangan zaman dan akan terus berusaha untuk memperbaiki negaranya dengan cara memperluas negaranya atau berusaha untuk tetap mempertahankan negaranya, perkembangan Negara ini meliputi berbagai aspek yang terdapat dalam Negara tersebut yang mencakup faktor-faktor fisik dan faktor-faktor social.

c. Memiliki batas-batas wilayah yang disepakati oleh Negara tetangganya

selain berdaulat secara de facto atau ke dalam suatu Negara juga harus diakui oleh negara-negara lain termasuk negara tetangganya atau berdaulat secara de jure

d. Penduduknya setia terhadap keutuhan wilayah negara

suatu Negara harus diakui oleh penduduk yang mendiami Negara tersebut dan setia terhadap negaranya, dengan keutuhan wilayah yang terjaga maka Negara itu akan aman dari proses kehancuran.

5. Batas Negara merupakan salah system Negara yang dapat menjadi sumber konflik dengan Negara tetangga, oleh sebab itu menurut anda bagaimana sebaiknya batas negara ditentukan?uraikan berdasarkan teori yang ada!

Batas Negara sebaiknya ditentukan berdasarkan faktor-faktor fisik yang terdapat pada wilayah yang berdekatan antara kedua Negara tersebut, karena faktor-faktor fisik tersebut lebih mudah dilihat dan akan lebih mudah menentukan batas-batas Negara. Jika faktor-faktor social yang dipakai seperti bahasa, etnis, dan lain-lain maka akan susah untuk menentukan batas Negara, walaupun batas dengan faktor fisik tersebut bukan tanpa masalah, karena bentang alam ini seringkali berubah oleh berbagai fenomena alam lainnya seperti abrasi, gempa bumi, dan berbagai bencana lainnya, oleh karena itu sebaiknya ada perjanjian bilateral antara Negara yang bertetanggaan mengenai batas Negara agar jika ada perubahan yang berhubungan dengan pembatas suatu Negara yang berupa bentang alam sudah ada perjanjian khusus sebelumnya sehingga tidak akan ada persengketaan lagi.

6. Jelaskan pendekatan geografi politik dalam membahas objek studinya!. Berikan contoh dari masing-masing pendekatannya

a. Pendekatan pertama adalah pendekatan historis yang mengkaji Negara berdasarkan asal mula dan perkembangan suatu Negara. Pendekatan ini berguna untuk mempelajari Negara sebagai individual case contohnya bagaimana asal mula berdirinya Negara Amerika dan langkah apa saja yang telah dilakukan oleh Negara tersebut sejak jaman dahulu sehingga bisa menjadi Negara “super power” seperti sekarang ini

b. Pendekatan kedua adalah pendekatan faktual yang oleh Valkenburg digunakan untuk mempelajari kenyataan-kenyataan kehidupan politik suatu Negara dengan berbagai unsure geografisnya seperti luas, bentuk wilayah, iklim, sumber daya, dan penduduk contohnya mempelajari kenapa Negara Indonesia bisa terpuruk padahal dari segi sumber daya alam dan berbagai faktor fisik lainnya lebih baik dari Negara-negara Eropa dan Amerika yang malah lebih maju dari Indonesia.

c. Pendekatan ketiga adalah pendekatan fungsional yang mempelajari tentang bagaimana suatu Negara membina dirinya sendiri ke dalam. Pendekatan ini mempelajari kekuatan-kekuatan yang sifatnya nonpolitis seperti iklim, pegunungan, penyebaran penduduk yang tidak merata, pengaruh faktor fisik dan manusia terhadap aktivitas politik Negara, bagaimana pengaruh aspek-aspek politik yang dilaksanakan terhadap aspek lain, bagaimana hubungan luar negeri dan bagaimana tingkat ketergantungan suatu Negara terhadap Negara lain

d. Pendekatan keempat adalah pendekatan relationship. pendekatan ini lebih menekankan pada hubungan faktor-faktor lingkungan dengan aspek-aspek politik. Secara sederhana pendekatan ini digunakan untuk mengkaji kemakmuran suatu Negara dilihat dari ketersediaan faktor sumberdaya alam. Perhitungan kekayaan alam menjadi dasar pada kesadaran suatu bangsa untuk mempertahankan dan melangsungkan hidupnya.

Tidak ada komentar: