Kamis, 20 November 2008

Vera Febrianti 060198

1. Bandingkan kelebihan dan kekurangan negara dengan wilayah yang sangat luas dengan negara yang wilayahnya kecil saja, jelaskan dengan beberapa contoh!

· Negara dengan wilayah luas

Keuntungan : wilayah yang luas memberikan berbagai kemungkinan yang lebih besar di bandingkan dengan negara kecil, seperti memberikan kemungkinan untuk penyebaran penduduk dan perluasan industri, memilki kemungkinan sumber daya alam yang lebih banyak, sehingga memberi kemungkinan untuk menjadi negara besar dan kuat, dan negara yang luas biasanya lebih sukar untuk dikuasai oleh musuh

Kekurangan : pada negara-negara yang mempunyai wilayah yang luas biasanya komunikasi dan kontrol terhadap daerah-daerah yang letaknya jauh dari pusat sulit dan kurang efektif, dan potensi daerah yang berbeda-beda serta kondisi alamnya yang berlaianan akan menyulitkan perataan pengembangan pembangunan.

· Negara dengan wilayah kecil

Keuntungan : negara dengan wilayah kecil akan lebih mudah di kontrol dan biasanya komuniasi nya juga lancar karna wilayahnya kecil, selain itu pengembanagan pembangunan juga akan lebih merata.

Kekurangan :karena wilayah negara nya kecil, maka secara otomatis kemungkinan potensi sumbar daya alam nya pun lebih sedikit, perluasan industri lebih sempit sehingga kemungkinan untuk menjadi negara maju juga lebih kecil.

Contoh :

· Indonesia merupakan negara yang luas wilayah negaranya. Indonesia memiliki berbagai macam potensi sumber daya dan kekayaan alam yang melimpah tetapi Indonesia tidak menjadi Negara yang maju karena Indonesia wilayanh nya luas dan berbentuk kepulauan menybabkan kurangnya komunikasi dan sulit untuk mengontrol daerah/wilayah yang jauh dari pusat, kurangnya pemanfaatan sumber daya alam , serta kondisi alam yang berbeda- bedasehingga sulit untuk dilakukan pengembangan pemerataan pembangunan.

· Belanda, walaupun luaswilayah kecil tidak sebesar Indonesia tetapi belanda lebih maju (pengekspor keju dan bunga tulip), karena control wilayah lebih mudah pada seluruh wilayahnya karena luas wilayahnya yang kecil, dan pemanfaatan potensi sumber daya alamya lebih optimal.

2. Bagaimana pendapat Retzel tentang negara!

Negara adalah organic state yang mengalami perkembangan dan pertumbuhan seperti halnya mahluk hidup yang tergantung pada factor-faktor geografis, karena setiap mahl;uk hidup ia membutuhkan ruang hidup dan untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya itu ia harus berjuang untuk mendapatan dan memperluas ruang hidupnya.

3. Mengapa aliran darwinisme dianggap berbahaya bagi kehidupan manusia dan negara?

Karna aliran darwinisme manganut suatu teori yang isinya ” untuk terus bisa bertahan hidup, maka mahluk hidup harus bertarung untuk mempertahankan diri’, sehingga apabila faha ini diterapkan dalam kehidupan atau di suatu negara maka tidak menutup kemungkinan perang di dunia akan terus terjadi, dan pembinasaan manusia akan terus terjadi.

Darwin juga merupakan salah seorang penganut ”RAS murni”, yang menganggap bahwa RAS kulit putih adalah ras yang baik dan orang-orang dengan ras ulit hitam harus di musnahkan. Sehingga banyak orang0orang kulit hitam yang sudah di bantai karena faham/teori ini.

4. Negara merupakan satu kesatuan politik yang memperlihatkan karakteristik tersendiri sehingga dapat di bedakan antara satu negara dengan negara lainnya. Coba jelaskan hal-hal apa sajakah yang termasuk karakteristik negara.

5. Batas negara merupakan salah satu sistem negara yang dapat menjadi sumber konflik dengan negara tetangga, oleh sebab itu menurut anda bagaimana sebaiknya batas negara ditentukan? Uraikan berdasarkan teori yang ada!

6. Jelaskan pendekatan geografi politik dalam membahas objek studi nya! Berikan contoh dari masing-masing pendekatannya!

a. Pendekatan historis, yang mengkaji negara berdasarkan asal mula dan perkembangan suatu negara.

Contoh :

Untuk mengkaji geo politik indonesia dilakukannkajian yang dilhat dari sejarah Indonesia yang dulunya merupakan kerajaan-kerajaan dan pernah di jajah Belanda.

b. Pendekatan faktual, yang digunakan untuk mempelajari kenyataan-kenyataan kehidupan politik suatu negara dengan berbagai unsur geografisnya seperti luas, bentuk wilayah, iklim, sumber daya dan penduduk.

Contoh :

Kondisi iklim di suatu negara memberikan pengaruh yang besar terhadap keadaan politik negara tersebut.

c. Pendekatan fungsional, yang mempelajari tentang bagaimana suatu negara membina dirinya ke dalam.

Contoh :

Mengkaji kondisi politik indonesia yang selama ini sangat tergantug pada negara lain dan juga hutang luar negri.

d. Pendekatan relationship, pendekatan ini lebih mnekankan pada hubungan faktor-faktor lingkugan (alam) dengan aspek-aspek politik.

Contoh :

Berdasarkan pendekatan ini indonesia yang memiliki sumber daya melimpah harus nya bisamenjadi modal dasar untuk kelangsungan hidup dan kemakmuran rakyatnya, serta untuk perkembangan politik yang lebih baik.

7. Mengapa AS dianggap sebagai negara super power?

· Karena AS emiliki tingkat perekonomian yang maju yang mengakibatkan AS menjadi negara maju,

· Perkembangnan industri di AS maju pesat

· Poltitik-politik AS banyak mempengaruhi negara-negara di dunia

· AS memiliki diplomasi yang baik

· Armada perang dan militer AS canggih

· AS banyak menaklukan beberapa negara-negara di dunia dan menjadikan negara boneka AS.

Tidak ada komentar: